Kesiswaan

Realisasi Program Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan SMP, SMA / SMK

Kegiatan Wajib Kunjung Museum (WKM) SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, Rabu,8 maret 2017

Waka Kesiswaan | Rabu, 15 Maret 2017 - 11:14:46 WIB | dibaca: 1483 pembaca

Kegiatan Wajib Kunjung Museum  (wkm)
SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, Rabu,8 maret 2017

(Realisasi Program Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan SMP, SMA / SMK)
Oleh : Dra. Hamarudingsih

     Kegiatan WKM SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro  dilaksanakan pada 8 Maret 2017 dengan lokasi kunjungan  di museum benteng Vredeburg dan museum Keraton Yogyakarta. Kegiatan wajib kunjung museum bertujuan sebagai alternatif media pembelajaran sejarah bagi siswa. Dalam kompetensi tersebut peserta didik diharapkan mampu menganalisis manfaat keberagaman budaya serta mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai budaya di lingkungan sekitar pada peserta didik. Harapan selanjutnya adalah peserta didik tertarik pada budaya tersebut sehingga nantinya tumbuh rasa kebanggaan terhadap budaya itu sendiri. Seiring dengan tumbuhnya rasa cinta terhadap budaya bangsa, mereka dapat termotivasi untuk menjaga dan tetap melestarikan budaya yang ada sehingga efek negatif dari derasnya globalisasi dapat diminimalisir. Generasi muda Indonesia yang tangguh menjaga kebudayaan akan menjadikan bangsa ini  kuat tanpa kehilangan jati dirinya.


I. Kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta   
  Sejumlah 70 siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro mengikuti kunjungan Museum.
Kunjungan diawali dari Keraton Yogyakarta.  sekitar pukul 10.00 WIB  rombongan siswa  peserta WKM  telah tiba di lokasi, Dengan penuh antusias  mereka mengikuti kegiatan  kunjungan  wisata.  kedatangan mereka  langsung disambut  hangat oleh pemandu wisata  kraton . Selanjutnya  para siswa  didampingi pemandu mengamati objek-objek yang ada di wilayah Keraton Yogyakarta, yang meliputi :
1. Bangsal Pagelaran
2. Bangsal Pemandengan
3. Bangsal Pasewakan
4. Bangsal Pengrawit
5. Pintu Gerbang Donopratopo
6. Bangsal Kencono
7. Bangsal Manis
8. Dll

II. Kunjungan ke  Museum Benteng Vredeburg
     Saat suasana semakin terik  para siswa  melanjukan perjalanan  kunjungan ke Museum benteng Vredeburg, setelah beristirahat untuk sholat dan makan siang rombongan kembali menyusuri lokasi benteng yang  didampingi oleh pemandu. Setiap wahana yang dilihat dalam benteng memang luar biasa. Mereka seolah-olah bisa melihat secara langsung perjuangan panjang Bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.  Tidak lupa mereka mengabadikan kunjungan tersebut disamping gambar para pejuang yang ada.

     Memang  tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai bangsa yang besar,  Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang  panjang dan berliku, serta memiliki bermacam-macam kebudayaan. Keadaan historis seperti itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita karena hal tersebut menunjukkan betapa kaya negeri ini. Kekayaan tersebut patut kita pelihara agar menjadi modal dalam pembangunan. Namun di era globalisasi yang kini semakin deras berpotensi menimbulkan dampak negatif pada kelangsungan budaya asli bangsa Indonesia. Terlebih lagi para generasi muda di era kini yang diharapkan menjadi penerus bangsa, seringkali kurang peduli dengan keadaan yang memprihatinkan ini. Mereka justru lebih senang mengikuti gaya kebarat-baratan yang sebagian besar bertolak belakang dari budaya ke-timuran. Hal tersebut perlu disikapi dan menjadi perhatian dari banyak pihak agar generasi Indonesia mendatang tidak melupakan jati diri bangsanya. Untuk itu diperlukan pendidikan sedini mungkin tentang pentingnya menjaga dan mencintai sejarah dan budaya bangsa. Hal tersebut diharapkan agar para generasi muda mendatang dapat terus melestarikan budaya Indonesia, terlebih budaya lokal dari masing-masing daerah tempat tinggalnya.
     Oleh karena itu, sebagai upaya menumbuhkan kepedulian dalam menjaga sejarah dan budaya bangsa, maka perlu dilaksanakan kegiatan kunjung museum. Kegiatan ini sebagai alternatif pembelajaran agar siswa tidak bosan belajar di dalam sekolah saja, sehingga siswa dapat belajar di luar sekolah namun tetap dalam ranah yang positif. Dalam kegiatan ini siswa diperkenalkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, mengingat  kota Yogyakarta sebagai kota perjuangan.

 

SALAM MUSEUM...!!!
(MUSEUM DI HATIKU, JOGJA TETAP ISTIMEWA..)

 










Komentar Via Website : 20
anonim
21 Maret 2017 - 14:46:05 WIB
Terimakasih banyak atas informasinya, semoga infonya bermanfaat.
anonim
27 Maret 2017 - 10:54:45 WIB
Makasih banyak atas informasinya, di tunggu info terbarunya.
anonim
28 Maret 2017 - 14:20:14 WIB
Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa di ambil dari artikel ini. sukses selalu buat anda.
Radit
01 November 2017 - 15:38:33 WIB
terima kasih atas informasinya http://bit.ly/2htM40M
Obat Benjolan Di Payudara Di Apotik
02 Februari 2018 - 08:29:52 WIB
Obat Benjolan Di Payudara Di Apotik

http://goo.gl/eTsppt
Cara Mengobati Luka Tersiram Air Panas
15 Februari 2018 - 07:58:07 WIB
Obat Penyakit Batu Empedu
02 Maret 2018 - 10:29:41 WIB
informasiya sangat bagus untuk diketahui
https://goo.gl/WycCdx
Pengobatan Alternatif Demam Kelenjar
08 Maret 2018 - 10:02:30 WIB
informasinya sangat bagus untuk diketahui
https://goo.gl/qFqFrE
Cara Alami Mengobati Kostokondritis
08 Maret 2018 - 13:32:25 WIB
informasinya sangat bagus untuk diketahui
https://goo.gl/q6yoE8
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)