Blog Single

“ Grogi “ Berbicara di Depan Publik

Berbicara di depan publik atau Public speaking adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh banyak orang dalam berbagai bidang kehidupan. Baik dalam lingkungan profesional, akademis, maupun sosial, kemampuan untuk berbicara secara efektif dan meyakinkan dapat membuka pintu kesempatan dan mempengaruhi orang lain secara positif.

Untuk mewujudkan hal tersebut, para Guru Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro pada Sabtu, 5 Agustus 2023 mengikuti workshop Public Speaking di aula sekolah. Hadir sebagai nara sumber pada kesempatan tersebut, Dr. KRT. Akhir Lusono, S. Sn., MM., CHRMP dari Radio VEDAC FM Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah SMKMBALI Muhammad Ashadi, S. Ag. “ Dengan adanya kegiatan worksop ini, seluruh Guru Karyawan akan mempunyai bekal dan mampu menguasai serta trampil ketika berbicara di depan publik. “ kata M. Ashadi.

Dalam pemaparannya, Dr. KRT. Akhir Lusono, S. Sn., MM., CHRMP memberikan tips dan trik ketika berbicara didepan publik dengan memberi beberapa contoh yang sering terjadi ketika seseorang kali pertama berbicara di depan publik. Beliau berpesan, mempersiapkan materi dengan baik sebelumnya, pahami audiens dan  sesuaikan bahasa dan konten yang akan disampaikan agar sesuai dengan pemahaman mereka, salah satu cara supaya tidak grogi ketika berbicara di depan publik.

“ Public speaking merupakan cara efektif untuk menyampaikan ide, inspirasi, dan informasi kepada audiens secara langsung. Berbicara di depan publik memberikan kesempatan untuk mempengaruhi, membujuk, atau menginspirasi orang lain. Kemampuan public speaking yang baik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu membangun hubungan sosial yang lebih kuat. Ketrampilan public speaking yang solid dapat membuka peluang karier yang lebih luas dan meningkatkan profil profesional seseorang “ tambahnya.

Kegiatan workshop diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta dengan ditunjukkan beberapa pertanyaan dari para Guru dan Karyawan yang direspond dengan jawaban yang memuaskan oleh nara sumber.

Public speaking adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan oleh siapa saja dengan latihan dan persiapan yang baik. Dengan menguasai seni berbicara di depan publik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, mempengaruhi orang lain dengan lebih efektif dan mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Ingatlah untuk selalu berlatih dan selalu berusaha memperbaiki diri agar menjadi seorang pembicara yang inspiratif dan meyakinkan.

Penulis : JPrast