Blog Single

Siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK MBali Juara 3 FIKSI DIKPORA DIY

Dua siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul Muhammad Rafly (X TBSM D) dan Arrya Febrian Budi R (X TBSM D) berhasil meraih juara 3 pada Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Dikpora DIY. Menampilkan inovasi alat kupas sabut kelapa dengan nama produk “AKUSAPA”.  

 

“AKUSAPA adalah nama produk inovatif dari kami yang mana alat ini dibuat oleh siswa kami berawal dari keresahan melihat lingkungan sekitar masih menggunakan alat slumbat sederhana yang membutuhkan tenaga yang besar dan rawan akan cidera” tandas Supri Handoko, S. Pd selaku ketua jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang hadir langsung mendampingi siswa yang berlomba pada hari Selasa 11 Juli 2023 di Aula Gedung Dikpora DIY.

Dengan sangat terlatih Rafly dan Arrya mepresentasikan langsung AKUSAPA. “Ini pengalaman pertama kami, dan tentu persiapan sebelum lomba dilakukan di jurusan. Terima kasih untuk bapak guru yang mendampingi yang mendampingi. Ini semua kami dedikasikan untuk sekolah dan tentu orang tua yang telah menyekolahkan kami di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.”

Disebutkan Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari seluruh SMA/SMK sederajat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari 200 diseleksi sejumlah 50 peserta untuk menampilkan hasil karyanya yang kemudian diambil 3 terbaik untuk mendapatkan juara. “Kami bangga dengan hasil yang didapatkan oleh siswa kami. Semoga pada event selanjutnya sekolah kami bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dengan jumlah peserta yang juga lebih banyak”. Pungkas M. Ashadi, S. Ag kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. 

Penulis : M. Fathoni